Senin, 12 November 2012

karakteristik wanita dan ciri dan sifat yg terpuji

Wanita adalah salah satu makluk ciptaan Allah Swt yang mulia. Karakteristik wanita  berbeda dari laki-laki dalam beberapa hokum misalnya aurat  wanita berbeda dari aurat laki-laki. Wanita memiliki kedudukan yang sangat agung dalam islam. Islam sangat menjaga harkat, martabat seseorang wanita. Wanita yang mulia dalam Islam adalah wanita muslimah yang sholihah.
Wanita muslimah tidak cukup hanya dengan muslimah saja, tetapi haruslah wanita muslimah yang sholihah karena banyak  wanita muslimah yang tidak sholihah. Allah swt mensifati sebagai para pemelihara yang taat. Allah Swt berfirman :
Artinya :  “Maka wanita sholihah adalah yang taat, lagi memelihara diri  ketika suaminya tidak ada dikarenakan Allah telah menjaga mereka.”(QS.An Nisa : 34)
Wanita sholihah adalah idaman setiap orang. Harta yang paling berharga, sebaik-baik perhiasan. Nabi saw bersabda artinya “Dunia seluruhnya adalah perhiasan. Dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita yang sholihah”.
Alangkah indahnya jika setiap muslimah menjadi wanita yang sholihah, idaman setiap suami. Oleh karena itu kita harus mengetahui sifat dan cirri-ciri wanita sholihah di antaranya :
1.       Wanita muslimah adalah wanita yang beriman kepada Allah Swt adalah rabbynya, dan Muhammad Saw adalah nabinya serta Islam pedoman hidupnya.dampak itu semua Nampak jelas dalam perkataan, dan amalannya. Dia akan menjauhi apa-apa yang menyebabkan murka Allah, takut dengan siksa-Nya yang teramat pedih, dan tidak menyimpang dari aturan-Nya.
2.      Wanita muslimah selalu menjaga sholat 5 waktu dengan wudlunya, khusyu’ dalam menunaikannya dan mendirikan sholat tepat pada waktunya, sehingga tidak ada sesuatupun yang menyibukkannya dari sholat itu. Tidak ada sesuatupun yang melalaikan dari beribadah kepada Allah Swt sehingga Nampak jelas padanya sebuah sholat itu. Sebab sholat itu mencegah perbuatan keji dan munkar serta benteng dari perbuatan maksiat.
3.    Wanita muslimah adalah yang menjaga hijabnya dengan rasa senang hati, sehingga dia tidak keluar kecuali dalam keadaan berhijab rapi mencari perlindungan Allah dan bersyukur kepadanya atas kehormatan yang diberikan dengan adanya hokum hijab ini. Dimana allah swt menginginkan kesucian baginya dengan hijab tersebut. Allah swt berfirman : yang artinya : “Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang mukmin”. Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya keseluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu supaya mereka mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu, dan Allah adalah maha pengampun lagi maha penyanyang.”( QS. Al Ahzab: 59)
4.     Wanita muslimah setelah menjaga ketaatan kepada seuaminya, seiya sekata, saying kepadanya mengjaknya kepada kebaikan, menasehatinya, memelihara kesejahteraannya, tidak mengeraskan suara dan perkataan kepadanya, tidak menyakiti hatinya,
Wanita muslimah adalah wanita  yang mendidik anak-anaknya untuk taat kepada Allah Swt, mengajarkan kepada mereka Aqidah yang benar, menanamkan dalam hati mereka perasaan cinta kepada Allah dan rasululnya, menjauhkan mereka dari segala kemaksiatan dan prilaku tercela.

oleh salah satu dosen di perguruan tinggi Lahat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar